Facebook Twitter RSS

Tentang Pendidikan

   Seorang guru mengatakan bahwa pendidikan adalah proses memanusiakan manusia. Pendidikan melepaskan pikiran kita dari kungkungan pikiran kita dan memaksa pikiran untuk bertanya suatu halyang baru, hal ini membuat kita sadar bahwa ada hak-hak disetiap makhluk, dan demikian kita dapat memberikan kekuatan untuk tidak diperbudak. baik dengan pikiran, atau tindakan.

   Pendidikan diartikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik, secara aktif mengembangkan potensinya dirinya, mengetahui keterbatasan dirinya bahwa dirinya merupakan makhluk yang diciptakan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, sebagai wujud sadar bahwa syukur atas fikiran yang dianugrahkan kepada manusia baik yang sudah terungkap dalam buku-buku ataupun yang masih tersimpan, sadar bahwa ilmu yang dimiliki merupakan setetes air laut dibanding dengan ilmu tuhan, selain itu mendorong peserta didik untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilang yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.

   Guru sebagai seorang pendidik, guru maupun orang tua harus memiliki kepribadian yang baik, yang mampu dijadikan setiap anak didiknya sebagai sosok yang disegani dan di tauladhani, bukan untuk ditakuti dan/atau dipatuhi segala perintahnya, sebab pendidikan keberhasilan pendidikan bukan terletak pada nilai prestasi yang memuaskan atau jumlah nilai yang tinggi.

   Oleh sebab itu perlu adanya Pendidikan Spiritual bagi peserta didik. guna mencegah timbulnya akhlak atau norma yang bertolak belakang dengan tujuan Pendidikan Nasional, bahwa pendidikan merupakan pembentukan moral/budi pekerti yang mulia dengan pengetahuan yang tinggi. Pendidikan spiritual pada anak kini mulai terlupakan, baik oleh  guru maupun orang tua. Hal inilah yang membuat anak kurang memiliki sikap keteladanan. ...bersambung
by fanan

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 comments: